Lari Pagi: 6 Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Lari Pagi – Selain mengatur pola makan & istirahat yang cukup, kita disarankan juga untuk melakukan olahraga secara rutin agar mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. Lari pagi adalah salah satu pilihan olahraga yang cocok, karena lebih mudah dilakukan oleh semua kalangan baik dewasa maupun anak-anak. Meskipun sebetulnya mudah, tapi terkadang kita merasa malas untuk melakukannya. Manfaat lari pagi dapat dirasakan secara langsung maupun secara tidak langsung. Lari pagi merupakan olahraga yang paling mudah untuk dilakukan dan tentunya kita tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk melakukannya. Berbagai macam manfaat dapat kita rasakan jika lari pagi dilakukan secara rutin dan benar. Berikut manfaat lari pagi bagi kesehatan tubuh:

manfaat lari pagi
Image courtesy of Photostock at freedigitalphotos.net

Manfaat Lari Pagi

1. Menguatkan tulang.
Melakukan aktivitas lari pagi secara rutin akan membantu kita terhindar dari pengeroposan tulang atau osteoporosis. Dengan tetap berolahraga, tulang akan tetap kuat sampai lansiaa. Hal ini karena ketika  melakukan lari pagi, tulang akan menjadi lebih padat dan kuat.

2. Menyehatkan jantung.
Lari pagi membuat jantung menjadi lebih sehat. Hal tersebut disebabkan karena dengan berolahraga, otot dan pembuluh darah kita akan lebih lentur sehingga mudah dilewati aliran darah. Maka kinerja jantung akan lebih ringan dalam memompa darah ke seluruh bagian tubuh kita.

3. Membakar lemak.
Lari yang dilakukan di pagi hari dapat memberikan manfaat psikologis dan fisiologis tambahan, termasuk untuk menurunkan berat badan seseorang. Olahraga pertama yang kita lakukan di pagi hari sangat efektif untuk membakar lemak. Hal ini karena setelah bangun tidur tubuh dalam keadaan semi puasa dan cadangan karbohidrat lebih sedikit. Karbohidrat adalah sumber energi untuk tubuh, sehingga ketika persediaannya menipis, tubuh akan membakar jaringan lemak untuk bahan bakar saat berolahraga sebagai gantinya.

Baca juga: 5 Latihan Aerobik Untuk Mengurangi Lemak di Perut

4. Untuk kekebalan tubuh / memperbaiki system imun.
Berolahraga pada waktu pagi hari, seperti lari pagi dapat menghindarkan tubuh kita dari berbagai macam penyakit. Hal tersebut karena sistem imun kita yang semakin aktif ketika melakukan olahraga secara rutin.

5. Dapat mengurangi stress.
Satu manfaat dari lari pagi  yaitu sebagai penghilang stress. Dalam jangka panjang dapat membuat pikiran kita menjadi lebih santai dan relax. Hal ini disebabkan udara di pagi hari lebih segar dan kaya oksigen yang sangat baik untuk membantu kinerja otak, karena pada dasarnya otak perlu mendapat asupan oksigen yang cukup.

6. Segar sepanjang hari.
Lari pagi juga membuat paru-paru kita terisi oleh udara segar melalui pernapasan, sehingga memberikan kehidupan yang lebih sehat untuk sel-sel darah di dalam tubuhkita, dan juga menciptakan keseimbangan antara pikiran dan jiwa. Pikiran yang segar akan membuat suasana hati kita menjadi lebih baik yang secara otomatis akan memberikan kontribusi terhadap perbaikan kondisi kesehatan.

Share:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *