6 Manfaat Gizi Yang Terkandung Pada Kacang Almond

Kacang almond banyak ditemukan di negara-negara timur tengah seperti Iran, Arab Saudi, Lebanon, Turki, Suriah, Yordania, dan Israel. Kacang yang sangat bergizi ini kaya akan vitamin E, kalsium, fosfor, zat besi, dan magnesium yang semuanya diperlukan oleh tubuh kita. Selain itu juga mengandung seng, selenium, tembaga, dan niacin yang dapat membantu memenuhi kebutuhan mineral tubuh. Dibandingkan dengan kacang-kacang lainnya, almond dikemas dengan nutrisi dan komponen menguntungkan untuk tubuh manusia.

manfaat kacang almond

Ada dua jenis rasa pada kacang almond, manis dan pahit. Biasanya kacang almond digunakan sebagai bahan tambahan untuk pembuatan roti, eskrim, dimakan mentah, sebagai bahan dalam salad, dan susu. Ketika dimakan mentah sebaiknya dalam kondisi perut kosong, hal ini untuk mempercepat penyerapan nutrisi yang terkandung didalamnya.

Manfaat Almond

1. Mengurangi risiko penyakit jantung.
Seseorang yang mengkonsumsi kacang almond lima kali dalam seminggu secara rutin memiliki sekitar 50 persen pengurangan risiko terhadap serangan penyakit jantung. Hal ini karena banyak nutrisi terkandung pada almond yang berperan terhadap peningkatan kesehatan jantung, seperti magnesium yang sangat bermanfaat untuk mencegah serangan jantung dan hipertensi.

2. Baik untuk kesehatan otak.
Almond merupakan sumber nutrisi yang dapat membantu dalam proses perkembangan dan kesehatan otak manusia. Almond mengandung dua nutrisi otak penting, riboflavin dan L – carnitine, yang telah terbukti meningkatkan aktivitas otak, sehingga membantu pembentukan sel saraf baru dan dapat mengurangi risiko penyakit alzheimer. Perlu kita ketahui bahwa almond yang terkandung di dalam makanan, serta minyak almond, adalah nutrisi untuk kesehatan secara keseluruhan dan bermanfaat baik terhadap fungsi sistem saraf pada tubuh manusia.

3. Menjaga berat badan agar tetap stabil.
Kacang-kacangan, seperti almond yang tinggi kalori, juga bermanfaat untuk menjaga berat badan agar tetap sehat dan ideal. Serat, protein, dan kandungan lemak dari almond membuat kita merasa kenyang dan puas, sehingga kita tidak akan memiliki dorongan untuk makan makanan berlebih.

4. Menjaga kekebalan tubuh.
Sebenarnya tubuh kita memiliki banyak komponen yang saling mendukung terhadap kesehatan secara keseluruhan, termasuk alkalinitas sistem pada tubuh. Almond merupakan sumber besar bahan alkali, yang bermanfaat untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh kita, serta dapat meningkatkan kemampuan dalam mencegah berbagai macam penyakit dan kondisi kesehatan lainnya. Kandungan vitamin E yang tinggi, merupakan antioksidan kuat untuk memerangi radikal bebas yang merusak sel tubuh. Antioksidan seperti vitamin E yang ditemukan dalam almond mempengaruhi semua penyakit utama, termasuk kanker dan penyakit jantung. Seseorang yang mengkonsumsi makanan tinggi vitamin E memiliki risiko sekitar 30-40 % lebih kecil kemungkinannya terserang penyakit jantung.

5. Mencegah peradangan.
Almond memiliki dua asam lemak yang sangat penting, baik linoleat dan asam linolenat. Asam lemak tersebut bermanfat membantu untuk mengurangi peradangan pada bagian tubuh kita. Asam lemak juga dapat membantu mengurangi kadar kolesterol “jahat ” ( LDL ) dalam darah, serta berperan menjaga  kesehatan kulit dan rambut!

6. Manfaat lainnya.
Nutrisi pada almond juga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, dan bahkan mengurangi risiko diabetes. Kandungan serat yang tinggi pada almond memiliki sifat prebiotik, yang memberikan kontribusi untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Prebiotik adalah zat makanan non-cerna, yang berfungsi sebagai bahan makanan bagi bakteri baik dalam saluran usus, sehingga membantu menjaga keseimbangan pencernaan yang sehat.

[Gambar dipublikasikan oleh: morguefile.com]

Share:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *