5 Rahasia Tubuh Sehat dan Kuat

Rahasia Tubuh Sehat dan Kuat – Memiliki tubuh yang sehat dan kuat merupakan dambaan setiap orang. Apalagi zaman sekarang biaya kesehatan yang semakin mahal ditambah munculnya berbagai macam penyakit berbahaya membuat kita harus lebih waspada. Sebagian orang rela mengeluarkan ratusan juta hanya agar penyakit mereka sembuh. Padahal pada dasarnya kesehatan merupakan anugerah tuhan yang diberikan secara gratis kepada setiap manusia, agar manusia tersebut selalu bersyukur.

rahasia tubuh sehat

Rahasia tubuh sehat dan kuat adalah merupakan hal yang sangat sederhana dan sebenarnya tidak terlalu sulit, tapi diperlukan kedisiplinan untuk melakukannya. Selain itu, tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Berikut ada lima bidang khusus yang akan membantu anda menjaga tubuh tetap sehat, fleksible, dan kuat:

Rahasia Tubuh Sehat dan Kuat

1. Aerobik.
Salah satu latihan aerobik paling sederhana dan mudah untuk anda lakukan adalah jalan kaki. Jalan kaki merupakan salah satu latihan fisik ringan yang memiliki manfaat baik bagi kesehatan serta menjaga tubuh tetap bugar sepanjang hari. Mulailah berjalan dengan pelan untuk pemanasan awal dan kemudian setelah 3-5 menit barulah berjalan lebih cepat. Dengan jalan kaki dapat membantu memperkuat tulang, mengontrol berat badan, dan menjaga kesehatan jantung serta paru-paru. Melakukan jalan kaki secara rutin dan konsisten merupakan salah satu faktor terpenting dalam membentuk program aktivitas tubuh yang sehat.

 

2. Peregangan.
Peregangan dibutuhkan agar tubuh anda tetap fleksible. Sebelum anda melakukan aktivitas olah raga, disarankan untuk melakukan peregangan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar otot-otot tubuh menjadi lebih lentur, sehingga otot tidak mudah kram saat melakukan olah raga. Atau lakukan peregangan 5 menit setiap hari setelah latihan aerobik untuk merelaksasi tubuh anda.
3. Keseimbangan.
Melakukan latihan keseimbangan setiap hari dapat membantu meningkatkan kekuatan otot pada aggota tubuh bagian bawah dan sistem vestibular/keseimbangan tubuh anda. Latihan keseimbangan sangatlah  penting, terutama bagi lansia (lanjut usia), hal ini untuk mempertahankan tubuh agar tetap stabil dan tidak mudah jatuh. Mulailah berdiri dengan tumpuan satu kaki, kemudian tahan selama 15-60 detik. Ulangi pada kaki yang lain dan lakukan pada setiap kaki 5 kali.
4. Kekuatan.
Latihan kekuatan pada umumnya dilakukan dengan menggunakan beban, baik beban internal (tubuh sendiri) maupun beban eksternal (peralatan fitness). Latihan kekuatan bertujuan untuk membangun kekuatan, daya tahan anaerobik, serta ukuran otot rangka. Cara mudah untuk melakukannya adalah dengan melakukan yoga beberapa kali seminggu selama 1 jam setiap kali latihan. Anda dapat membeli kaset yoga yang berbeda-beda dan ikuti cara latihannya masing-masing. Lakukan secara rutin dan teratur untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.
5. Pernapasan.
Pernapasan sangat berperan penting dalam mendapatkan kondisi tubuh yang sehat, Mengapa demikian?. Sistem getah bening dalam tubuh bergantung pada kontraksi otot dan pernapasan untuk memindahkan cairan dari sistem getah bening ke seluruh bagian tubuh. Sistem getah bening memiliki beberapa fungsi yang saling terkait yaitu: (1)Mengembalikan cairan & protein dari jaringan ke sirkulasi darah,(2) Mengangkut limfosit,(3) Membawa lemak emulsi dari usus, (4)Menyaring dan menghancurkan mikroorganisme untuk menghindarkan penyebaran, dan (5)Menghasilkan zat antibodi.

 

[Sumber: lifehack.org, Gambar dipublikasikan oleh: freedigitalphotos.net]
Share:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *