Kenali 5 Manfaat Buah Kurma Berikut Agar Kamu Sehat!

Manfaat Buah Kurma – Kurma adalah sejenis tanaman palma yang banyak ditemukan di daerah Timur Tengah dan Afrika Utara, memiliki daging berserat lembut dan rasanya sangat manis, seperti campuran sirup, gula dan madu. Selain rasanya yang manis, kurma juga kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Buah-buahan lezat ini mengandung minyak, kalsium, sulfur, besi, kalium, fosfor, mangan, tembaga, dan magnesium yang semuanya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Beberapa ahli kesehatan mengatakan bahwa makan satu buah kurma setiap hari diperlukan untuk diet sehat dan seimbang.

manfaat buah kurma
Image courtesy of Rahhal at freedigitalphotos.net

Salah satu manfaat besar dari buah kurma adalah sebagai pemenuhan nutrisi perkembangan otot. Orang mempunyai berbagai cara untuk mengkonsumsinya demi mendapatkan manfaat sehat yang terkandung didalamnya, seperti mencampur pasta kurma dengan susu, roti, yogurt, dan mentega. Hal ini bermanfaat bagi orang dewasa maupun anak-anak,  terutama selama masa pemulihan dari cedera atau sakit.
Menurut survei medis modern, buah kurma dapat digunakan dalam mencegah kanker perut. Banyak orang muslim berbuka puasa dengan kurma dan air sesuai dengan tradisi budaya mereka. Berpuka puasa dengan kurma dapat membantu menghindari makan secara berlebihan. Ketika tubuh menyerap nutrisi dari kurma, rasa lapar akan teratasi seketika dan sistem saraf akan terbantu untuk berfungsi dengan baik.

Kurma merupakan salah satu makanan manis terbaik dan serbaguna yang dapat mengatur proses pencernaan dengan baik. Hal ini dapat meningkatkan energi dengan signifikan pada orang yang mengkonsumsinya. Oleh karena itu, kurma dapat digunakan sebagai pilihan untuk menjaga kesehatan dan stamina tubuh anda. Berikut beberapa manfaat sehat dari mengkonsumsi buah kurma:

Baca juga: 14 Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Kurma

1. Menjaga kesehatan tulang.
Jumlah mineral tinggi yang terkandung dalam buah kurma membuat makanan super ini dapat membantu memperkuat tulang dan mengurangi risiko penyakit osteoporosis. Kurma mengandung selenium, mangan, tembaga, dan magnesium,  yang semuanya merupakan zat pembangunan tulang yang sehat dan kuat, terutama pada orang berusia lanjut dan memiliki tulang secara bertahap melemah.

2. Mengatasi anemia.
Kurma merupakan sumber zat besi yang sangat baik. Hal ini membuat kurma berperan dalam mengatasi masalah anemia. Zat besi merupakan komponen yang diperlukan tubuh untuk menghasilkan sel darah merah yang dikenal sebagai hemoglobin. Sel darah merah dibutuhkan oleh tubuh untuk menyimpan dan mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh organ. Selain itu, sel darah merah juga berperan dalam proses pembuangan karbondioksida dari sel-sel tubuh di paru-paru.

3. Sumber energi.
Kurma memiliki kandungan gula alami seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa yang bermanfaat untuk meningkatkan energi pada tubuh. sebagian orang mengkonsumsi kurma untuk cemilan sore ketika mereka merasa letih atau lesu. Hal ini untuk memulihkan kondisi tubuh menjadi fit kembali.

4. Kesehatan jantung.
Kurma merupakan sumber kalium tinggi, yang telah terbukti bermanfaat mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung lainnya. Selain itu, kurma juga dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dalam tubuh yang merupakan penyebab utama penyakit jantung dan stroke.

5. Sebagai antioksidan.
Kurma mengandung zat antioksidan polifenol flavonoid yang dikenal sebagai tanin. Tanin merupakan zat yang bermanfaat sebagai anti – infeksi, anti – inflamasi, dan anti – hemoragik ( mencegah kecenderungan mudah berdarah ).

Share:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *