5 Makanan Super (Superfoods) Pembersih Pembuluh Darah Arteri Anda

Superfoods – Jika Anda ingin memiliki jantung yang sehat, Anda juga diharuskan memiliki pembuluh darah arteri yang sehat pula. Kenapa bisa demikian? Hal ini karena pembuluh darah arteri dalam tubuh sangat penting dan berpengaruh besar terhadap kesehatan, terutama organ jantung. Pembuluh darah arteri sendiri merupakan pembuluh darah berotot yang membawa darah dari jantung dan disebarkan keseluruh tubuh. Fungsi utamanya adalah menghantarkan oksigen dan nutrisi ke semua bagian sel, serta mengangkut zat buangan seperti karbondioksida yang tidak diperlukan oleh tubuh.
superfoods
Image courtesy of Adams999 at flickr.com (CC)
Jika pembuluh darah arteri Anda tidak bersih, bahkan plak sampai menumpuk, hal ini akan menyebabkan penyumbatan aliran darah dalam tubuh. Akibatnya aliran darah menjadi tidak lancar atau terhambat. Apakah Anda ingin memiliki pembuluh arteri yang bersih dan bebas dari penumpukan kolesterol, lemak, limbah seluler, fibrin, dan kalsium?. Hal terbaik yang mungkin dapat membantu membersihkan pembuluh darah arteri dalam tubuh Anda adalah dengan makan makanan sehat yang bernutrisi dan tentunya baik bagi kesehatan, terutama makanan yang mengandung tinggi antioksidan. Sebenarnya banyak sekali jenis makanan sehat yang bisa Anda konsumsi setiap hari, namun akan lebih baik jika Anda mengenal manfaat yang terkandung didalam makanan tersebut. Berikut 5 makanan super (superfoods) yang bermanfaat untuk membantu membersihkan pembuluh darah arteri Anda:

 

Bawang putih

Makanan Super (Superfoods) Bawang Putih
Image courtesy of Harlan Harris at flickr.com (CC)

Superfoods yang pertama adalah bawang putih, kandungan nutrisi penting didalamnya mampu membantu membersihkan pembuluh darah arteri dari endapan zat-zat berbahaya yang mengakibatkan penyumbatan. Sebuah penelitian di German menunjukkan bahwa mengkonsumsi bawang putih secara rutin dapat membantu mencegah pengerasan pada aorta (arteri terbesar dalam tubuh manusia).  Selain itu juga bawang putih dapat mengurangi kadar kolesterol jahat yang memberikan efek baik terhadap kesehatan jantung, terutama bagi orang tua.

Baca juga:  8 Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan Tubuh

 

Delima

Delima makanan super superfoods
Image courtesy of Grrrrl at flickr.com (CC)

 

Delima dikenal sebagai makanan eksotis yang mengandung tinggi vitamin C, polifenol, dan antioksidan lainnya yang bermanfaat dalam mencegah penyumbatan pada pembuluh darah arteri. Hal ini juga membantu dalam merangsang produksi nitric oxide (nitrat oksida),  yang bekerja melebarkan (memperbesar) pembuluh darah arteri sehingga memastikan darah secara efisien mengalir keseluruh bagian tubuh dengan lancar.

 

Ikan salmon

Salmon makanan super superfoods
Image courtesy of David Pursehouse at flickr.com (CC)

 

Kandungan asam lemak omega-3 dalam ikan salmon dapat membantu menyingkirkan penumpukan plak, termasuk asam eicosapentaenoic atau EPA dan docosahexaenoic acid atau DHA yang membantu meningkatkan kolesterol HDL atau kolesterol baik, mengurangi kadar trigliserida berbahaya dan mencegah terjadinya peradangan pada pembuluh darah. Konsumsilah ikan salmon segar untuk mendapatkan khasiat yang lebih sempurna.

 

Kunyit

Kunyit makanan super superfoods
Image courtesy of Ratna Rajaiah at flickr.com (CC)

 

Makanan super terkenal lainnya adalah kunyit, sejenis rempah yang dapat anda tambahkan dalam makanan harian untuk membantu menjaga pembuluh darah arteri anda terbebas dari penyumbatan. Hal ini karena kandungan kurkumin yang merupakan senyawa sehat dan dilengkapi dengan manfaat lainnya, termasuk mencegah timbulnya peradangan dan kerusakan pada pembuluh darah arteri.

 

Minyak zaitun

Minyak zaitun makanan super superfoods
Image courtesy of Assillo at flickr.com (CC)

 

Makanan super (superfoods) yang terakhir adalah Minyak Zaitun. Jika dikombinasikan dengan minyak lemak tak jenuh tunggal, minyak zaitun dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik (kolesterol HDL) yang akibatnya mengurangi penumpukan plak dalam pembuluh darah arteri. Selain itu minyak zaitun yang dilengkapi dengan kandungan zat antioksidan, khususnya polifenol dapat meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan kesehatan jantung sehingga menurunkan risiko penyakit jantung dan penyakit kardiovaskular.

 

Pembuluh darah arteri sangatlah penting untuk kesehatan jantung dan sirkulasi aliran darah dalam tubuh. Oleh karena itu, meskipun pembuluh darah arteri kuat, elastis, dan fleksibel tetapi terdapat sumbatan di dalamnya akan dapat membatasi distribusi darah yang kaya oksigen ke seluruh bagian tubuh. Jika hal ini terjadi pastinya akan menimbulkan efek buruk terhadap kesehatan Anda secara keseluruhan. Dengan demikian makanan super (superfoods) tambahan yang telah disebutkan diatas, dapat Anda jadikan solusi untuk membantu membersihkan pembuluh darah arteri dalam tubuh Anda, sehingga Anda memiliki jantung yang sehat dan kondisi tubuh yang selalu segar dan bugar.

 

[Sumber: stethnews.com]
Share:

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *