5 Gejala Kekurangan Kalsium Dalam Tubuh

Gejala Kekurangan Kalsium – Kalsium merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu proses pertumbuhan dan kepadatan tulang kita. Selain itu juga dapat menjaga gigi agar tetap sehat dan kuat, membantu proses pembekuan darah, kontraksi otot, dan relaksasi. Meskipun kalsium dapat dengan mudah diperoleh melalui berbagai sumber makanan seperti sayur-sayuran, keju yoghurt, kacang-kacangan, biji-bijian, dan ikan, tubuh terkadang kurang efesien dalam proses penyerapannya. Berikut adalah beberapa tanda-tanda dan gejala yang mungkin terjadi jika anda kekurangan kalsium.

kekurangan kalsium

Gejala kekurangan kalsium

  • Kepadatan tulang menurun. Zat mineral yang dibutuhkan tulang seperti kalsium, diperlukan untuk menjaga agar tulang menjadi kuat sampai usia tua. Oleh karena itu, kadar kalsium yang rendah pada tulang secara langsung mempengaruhi kepadatan tulang dan meningkatkan kerentanan terhadap osteoporosis, serta risiko patah tulang.
  • Mudah lelah.Nyeri tulang dan otot biasanya menyebabkan kelemahan pada seseorang yang kekurangan kalsium. Tapi tingkat kalsium yang rendah dapat juga menyebabkan insomnia, ketakutan, serta gangguan jiwa yang dapat memicu stress dan kelelahan. Kelelahan sering dialami oleh perempuan yang kekurangan kalsium setelah proses persalinan.
  • Mereka lebih cenderung memiliki jumlah ASI yang sedikit, konsentrasi yang buruk, dan kelelahan hebat. Oleh sebab itu, wanita hamil disarankan harus mendapatkan pasokan rutin kalsium sekitar  1000-1200 mg setiap harinya.
  • Kram pada otot.Memiliki tingkat kalsium yang rendah dapat menyebabkan kejang otot berulang-ulang meskipun tingkat hemoglobin memadahi dan mendapatkan asupan air yang cukup. Kram otot yang di sertai rasa sakit, terutama dibagian paha atau betis, merupakan indikasi awal tingkat kalsium yang rendah.
  • Sakit gigi.Tulang dan gigi mimiliki sekitar 99% kalsium yang terkandung didalamnya. Wajar jika kadar kalsium anda turun, anda akan rentan terhadap sakit gigi dan pembusukan. Selain itu juga anda memiliki risiko lebih besar menderita penyakit periodontal. Pada anak-anak, kekurangan kalsium telah dikaitkan dengan tertundanya pertumbuhan dan terjadi cacat pada gigi.
  • Sering sakit.Perlu di waspadai jika anda sering sakit-sakitan, hal ini dapat disebabkan karena mungkin anda kekurangan kalsium pada tubuh. Pada dasarnya kalsium juga mempunyai peran penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat. Oleh karena itu, kekurangan kalsium dapat mengurangi daya tahan tubuh terhadap serangan patogen.

[Gambar dipublikasikan oleh: morguefile.com]

Share:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *