4 Makanan Tambahan Diet Yang Mengandung Lemak Sehat

Dalam program diet sehat, Kita juga perlu memperhatikan keseimbangan kadar lemak dalam tubuh,  tapi tentunya lemak sehat yang kita butuhkan. Hal ini karena kita memerlukan lemak baik untuk membantu kinerja fungsi otak, produksi hormon, metabolisme, penurunan berat badan, energi, fungsi imun dan respon inflamasi. Sekitar enam puluh persen bagian otak kita terdiri dari lemak. Lemak yang kita konsumsi sangat bermanfaat untuk memberikan kebutuhan nutrisi lemak pada otak, membantu fungsi neurologis, dan kejelasan mental yang memungkinkan kita untuk hidup lebih sehat, bahagia, dan penuh inspirasi.

Ketika anda berusaha untuk menambahkan makanan yang mengadung lemak baik kedalam menu diet anda, hal ini sangat membantu menjaga keseimbangan kadar lemak dalam tubuh, sehingga kebutuhan nutrisi lemak anda akan tetap tercukupi meskipun anda sedang melakukan program diet. Berikut beberapa makanan tambahan mengandung lemak sehat yang perlu dimasukkan ke dalam diet anda:

Minyak zaitun

Minyak zaitun mengandung lemak sehat

Minyak zaitun termasuk ke dalam daftar makanan yang mengandung lemak sehat dan memiliki dampak positif pada penurunan tingkat kolesterol. Gunakan minyak zaitun saat memasak dan hindari penggunaan mentega atau minyak kelapa yang mengandung lemak jenuh. Karena hal ini dapat membantu anda dalam melakukan program diet sehat.

Alpukat

Alpukat mengandung lemak sehat

Banyak orang beranggapan bahwa alpukat adalah buah yang mengandung banyak lemak dan dapat membuat seseorang menjadi gemuk. Alpukat memang mengandung banyak lemak, yaitu sekitar 16 persen. Akan tetapi lemak pada alpukat adalah lemak yang menyehatkan, karena 63% penyusunnya adalah asam lemak tak jenuh, terutama asam lemak tidak jenuh tunggal. Lemak tak jenuh pada alpukat berfungsi sebagai zat antioksidan yang bermanfaat menjaga pebuluh darah dari kerusakan arteri akibat penumpukan kolesterol LDL. Mengkonsumsi alpukat justru akan membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang sangat berpengaruh buruk bagi kesehatan.

Ikan salmon

Ikan salmon mengandung lemak sehat

 

Banyak dari ikan laut yang mengandung lemak sehat, salah satunya yaitu ikan salmon. Ikan salmon memiliki kandungan asam lemak Omega-3 yang sangat tinggi dan bermanfaat bagi kesehatan dibandingkan jenis ikan lainnya. Walaupun tergolong ikan yang mahal namun manfaat mengkonsumsinya sebanding dengan kandungan gizi yang diperoleh. Ikan salmon cocok sebagai makanan tambahan diet anda dan sebagai makanan yang dapat menurunkan berat badan.

Kacang-kacangan

 

Makanan Tambahan Diet

Kacang-kacangan seperti kacang merah, kacang almond, dan kedelai dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, sehingga cocok dimasukkan kedalam daftar menu tambahan diet anda. Lemak yang terkandung didalamnya adalah jenis lemak tak jenuh, sehingga dapat membantu anda mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. selain itu kandungan zat besi, vitamin, mineral, kalsium, serat, dan magnesiumnya dapat membantu mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh lainnya.

Share:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *