Manfaat: 4 Herba Alami Untuk Kesehatan Mata

Herba Alami Untuk Kesehatan Mata – Mata merupakan salah satu organ terpenting yang dimiliki oleh setiap manusia yang bermanfaat sebagai indra penglihatan. Banyak orang menjuluki mata sebagai jendela hati. Berbagai ekspresi dan emosi yang terpendam di dalam diri kita bisa di baca melalui mata. Dalam ilmu pengobatan cina, ternyata mata juga mampu menunjukkan kondisi kesehatan seseorang.

Pada saat usai bergadang contohnya, kornea mata kita yang biasanya putih bersih akan tampak kusam, lengkap dengan kondisi kantung mata yang menghitam. Mungkin bola mata juga terasa tegang, disertai ketajaman penglihatan yang berkurang. Hal ini menandakan organ hati kita sedang kelelahan.

Sebaiknya tanda-tanda yang demikian tidak kita abaikan begitu saja. Selain mengompres mata menggunakan air es, fungsi kerja organ hati juga perlu dinormalkan kembali. Beberapa herba seperti bunga krisan dan daun sendok bisa membantu melancarkan fungsi kerja hati, sehingga penglihatan tajam dan bisa normal kembali.

Untuk menjaga mata terhadap polusi dari luar, ada baiknya jika kita juga mengenal herba lain yang bermanfaat terhadap kesehatan mata seperti kembang telang, boroco, dan bunga melati. Ketiga herba tersebut bisa menjadi pilihan alami yang aman dan efektif saat mata kita mengalami iritasi, radang, maupun infeksi.

Sementara itu, untuk menjaga mata agar tetap sehat sampai tua, pastikan kita mencukupi asupan nutrisi dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat antioksidan. Salah satu yang paling popular adalah bilberry. Bagaimana cara memanfaatkanya?, berikut sekilas informasi tentang manfaat dan cara penggunaanya.

Herba Untuk Kesehatan Mata

Bilberry untuk kesehatan mata
Bilberry dengan nama ilmiah Vaccinum myrtillus Warna birunya berasal dari pigmen resveratrol, semacam antioksidan yang sangat kuat dan berfungsi membantu mengurangi risiko penyumbatan aliran darah ke mata yang mengakibatkan gangguan penglihatan. Manfaat: Bilberry paling banyak dimanfaatkan sebagai suplemen untuk mengatasi gangguan pada pembuluh darah dan penyakit mata seperti rabun jauh, glaukoma, terbentuknya warna tertentu pada bagian mata (pigmentosa), dan peradangan pada retina. Cara penggunaan: Konsumsi dalam bentuk segar sebagai buah. Bila sulit memperolehnya, bisa dikonsumsi dalam bentuk ekstrak suplemen yang dijual di toko-toko kesehatan dan apotik. Agar efektif, pilih yang standar antosianinnya mencapai 25% (lihat komposisi pada kemasan).

Kembang telang untuk kesehatan mata
Kembang Telang dengan nama ilmiah Clitorea ternatea Secara tradisional, bunganya digunakan secara turun temurun sebagai sebagai pengganti boorwater, untuk mencuci mata. Manfaat: Mengatasi radang mata merah (conjunctivitis akut). Gangguan ini ditandai dengan munculnya selaput lendir pada bagian putih bola mata. Tak lama kemudian, muncul banyak kotoran mata dan mata pun menjadi merah. Cara penggunaan: Dalam mangkuk khusus, rendam beberapa bunga kembang telang hingga airnya menjadi kebiruan. Gunakan air rendaman tersebut untuk menetesi mata, atau untuk mencuci mata.

Daun sendok untuk kesehatan mata
Daun Sendok dengan nama ilmiah Plantago mayor Zat aktifnya berwarna aukubin, berkhasiat sebagai antiseptik dan berfunngsi untuk melindungi sel-sel hati (hepatoprotektor) dari kerusakan yang disebabkan oleh penumpukan racun. Manfaat: Membantu penglihatan yang buram menjadi lebih terang, dengan menormalkan aktivitas organ hati yang berlebihan. Gangguan ini juga sering disertai sakit kepala seperti bergoyang dan nadi cepat. Cara penggunaan: Petik 15 sampai 30 lembar daun sendok, cuci bersih. Rebus bersama 3 gelas air hingga menyusut setengahnya. Saring, kemudian minum airnya.

Krisan untuk kesehatan mata
Krisan dengan nama ilmiah Chrysanthemum indicum Di Indonesia, bunga krisan lebih banyak dikenal sebagai bunga hias. Namun di negeri asalnya, yaitu Cina dan Jepang, ia lebih dihargai sebagai tanaman obat. Manfaat: Mengatasi gangguan mata yang disebabkan oleh panas hati. Gejalanya antara lain tegang pada bola mata, banyak keluar air mata, penglihatan tidak jernih (tampak titik-titik hitam atau blind spots). Terkadang, disertai tekanan darah tinggi, sakit kepala, mudah marah, muka merah, dan nadi cepat. Cara penggunaan: Rebus 15-30 g bunga krisan kering dengan 400 ml air di atas api kecil, hingga airnya tinggal 200 ml. Saring, Kemudian minum airnya. Lakukan 2 kali sehari. Bila ingin lebih praktis, beli dalam bentuk teh (bentuk kering, bubuk, dan siap minum) yang tersedia di toko obat Cina atau di beberapa supermarket besar.

Share:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *