25 Pilihan Buah Terbaik Bagi Penderita Diabetes

Apakah anda termasuk penderita diabetes? Atau Apakah anda khawatir terhadap makanan dengan indeks glikemik yang tinggi? Baiklah, sebaiknya anda tidak perlu khawatir dengan masalah ini. Kita disini akan memberikan sedikit ulasan tentang beberapa jenis buah-buahan yang dapat anda nikmati tanpa perlu mengkhawatirkan kadar gula dalam tubuh anda.
buah untuk diabetes
Seorang penderita diabetes tidak diharuskan menghindari semua jenis makanan manis dalam konsumsi harian mereka. Gula atau glukosa merupakan kebutuhan penting yang dianggap sangat vital bagi tubuh manusia. Hal ini karena glukosa merupakan sumber energi utama yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melakukan berbagai bentuk aktivitas sepanjang hari.

 

Tetapi jika anda adalah salah satu dari mereka yang memiliki diabetes, hal ini perlu anda pertimbangkan dalam mengatur pola makan yang tepat khususnya makanan yang mengandung tinggi zat gula. Mengkonsumsi zat gula dengan porsi yang tepat merupakan hal penting yang seharusnya ditaati oleh para penderita diabetes.

Buah Terbaik Bagi Penderita Diabetes

1. Limau dan lemon.
Keduanya merupakan buah yang mengandung tinggi vitamin C dan vitamin lain seperti vitamin A, B, magnesium, nitrat, serat, serta masih banyak lainnya. Hal yang paling menarik dari limau dan lemon adalah keduanya memiliki tingkat serat larut yang cukup. Serat larut berfungsi menahan jumlah kadar gula yang diambil oleh darah. Selain itu, persentase glikemik dalam limau dan lemon yang tergolong cukup rendah sehingga baik untuk menjaga kadar glukosa dalam tubuh tetap stabil.

 

2. Cranberry.
Cranberry memiliki jumlah yang baik antara kandungan serat dan senyawa  antioksidan yang bermanfaat untuk membantu mengatur kadar glukosa dalam tubuh manusia. Jus cranberry, jika dikonsumsi secara teratur, dapat membantu mencegah infeksi saluran kemih yang biasanya sering terjadi pada pasien diabetes.

 

3. Markisa.
Markisa kaya akan vitamin C –nya. Sebuah studi menunjukkan bahwa bubuk buah markisa dan kulitnya mengandung serat larut yang dikenal dengan pektin, yang bermanfaat bagi penderita diabetes. Pektin memperlambat kemampuan darah untuk menyerap gula. Ini adalah sama seperti halnya dengan limau dan lemon.

 

4. Jambu Biji.
Jambu biji merupakan sumber lain yang kaya serat dan vitamin C. Dengan kandungan tinggi serat dan rendah glukosa, Jambu biji membantu miningkatkan berat badan dan menciptakan perasaan kenyang.

 

5. Kiwi.
Buah yang ditutupi bulu cokelat dan terdapat juataan biji didalamnya ini merupakan sumber serat dan vitamin C yang baik untuk fungsi kekebalan tubuh anda.  Selain itu senyawa inositol yang terdapat dalam buah kiwi diperlukan untuk mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes. Hal ini bekerja meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh manusia yang dapat menyebabkan penyerapan lebih tinggi dari glukosa ke dalam sel yang mengurangi gula dalam aliran darah.

 

6. Pir.
Buah Pir yang kaya serat dan tinggi air dapat membantu mengendalikan rasa lapar. Anda bisa memakannya secara langsung atau ditambahkan ke salad. Apapun cara anda mengkonsumsi, pir memiliki rasa yang lezat dan dikemas dengan nutrisi dan serat yang baik. Selain kandungan serat dan kadar air yang tinggi, buah ini juga banyak mengandung zat antioksidan yang berguna untuk meningkatkan fungsi sistem imun atau kekebalan tubuh.

 

7. Jeruk.
Makanan tambahan lain yang baik bagi penderita diabetes adalah jeruk. Tak hanya rendah lemak, Jeruk juga  memiliki indeks glikemik rendah. Selain itu juga jeruk mampu memenuhi kebutuhan vitamin C harian anda dalam melawan radikal bebas.

 

8. Apel.
Apel mengandung serat tinggi yang membantu dalam proses pencernaan, dan bekerja sempurna sebagai makanan ringan yang menyegarkan. Sedangkan kulitnya mengandung nutrisi penting yang mampu mengatur gula darah. Antioksidan yang terkandung dalam kulit apel mampu mengurangi aktivitas enzim yang memecah zat tepung menjadi gula sehingga mengurangi tingkat gula dalam darah.

 

9. Aprikot.
Aprikot merupakan buah manis dan rendah karbohidrat, cocok bagi penderita diabetes yang mengurangi konsumsi gula berlebih. Buah aprikot juga merupakan sumber vitamin A dan serat yang baik. Oleh karena itu mulailah memasukkan 1 buah aprikot dalam menu harian anda untuk menjaga keseimbangan kadar gula dalam tubuh.

 

10. Persik.
Buah persik merupakan sumber yang baik untuk vitamin A dan C. Buah ini juga rendah karbohidrat, namun kaya kalium dan serat. Khasiatnya yang istimewa yakni dapat mencegah obesitas atau kegemukan yang dapat mengakibatkan penyakit jantung dan diabetes mellitus ( kencing manis ). Khasiat lain dari buah persik diantaranya, dapat mencegah dan mengobati kanker, meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

 

11. Ceri.
Ceri mengandung senyawa anthocyanins, yaitu pigmen warna merah yang baik untuk kesehatan dan bertindak sebagai antioksidan. Anthocyanins membantu mengatur kadar gula darah dengan membantu sel-sel pankreas untuk memproduksi lebih banyak insulin. Kandungan serat yang tinggi membuat buah ini juga mampu menstabilkan kadar gula dalam tubuh anda. Selain itu, buah ceri juga memiliki sifat anti -inflamasi yang baik untuk penderita diabetes.

 

12. Stroberi.
Stroberi sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Buah ini kaya akan antioksidan dan vitamin penting yang baik untuk kesehatan. Beberapa penelitian terbaru telah menemukan, mengkonsumsi secara rutin stroberi dikaitkan dengan penurunan risiko diabetes tipe 2. Kandungan senyawa ellagitannins dan anthocyanins diketahui mampu membantu mengobati hiperglikemia dan tekanan darah tinggi yang terkait dengan diabetes tipe 2.

 

13. Jeruk bali.
Penelitian menunjukkan bahwa makan jeruk bali dapat membantu mengurangi risiko diabetes. Kandungan senyawa naringenin dan antioksidan dapat digunakan untuk mengendalikan diabetes tipe 2. Naringenin diyakini mampu membantu meningkatkan kepekaan tubuh terhadap insulin dan mempertahankan berat badan ideal, yang merupakan bagian penting dalam pengobatan diabetes.

 

14. Ara.
Ara merupakan salah satu jenis buah-buahan yang mengandung tinggi serat, antioksidan, zat besi, dan mineral lain yang baik dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Buah ara cocok bagi penderita diabetes, yang memberikan kontribusi terhadap penurunan berat badan dengan kandungan glukosa yang rendah.

 

15. Bluberi.
Bluberi memiliki nilai indeks glikemik rendah, yang merupakan alasan buah ini cocok bagi penderita diabetes. Selain itu, bluberi juga mengandung antioksidan kuat yang disebut anthocyanin. Anthocyanin secara signifikan dapat menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2. Makan buah-buahan kaya serat seperti bluberi dapat juga mencegah lonjakan tiba-tiba kadar gula dalam darah.

 

16. Semangka.
Kandungan zat gula dalam buah semangka ternyata tidak setinggi seperti yang telah anda pikirkan. Meskipun semangka memiliki rasa yang sangat manis, porsinya tetap terkontrol dan akan membantu anda memenuhi kebutuhan nutrisi yang anda butuhkan setiap hari. Dalam buah semangka terkandung banyak mineral yang sangat berguna, baik itu serat maupun kadar air yang tinggi. Hal ini memungkinkan anda untuk terhindar dari rasa lapar karena akan menciptakan perasaan kenyang, tanpa menaikkan kadar gula darah.

 

17. Mangga.
Mangga mengandung vitamin dan mineral cukup tinggi untuk memenuhi nutrisi harian tubuh, yang memberikan banyak sumber energi. Sebagian orang biasanya akan menghindari makan mangga, karena kandungan karbohidratnya yang dinilai cukup tinggi. Tapi, jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat, hal ini akan dapat membantu dalam mengurangi risiko penyakit diabetes.

 

18. Pisang.
Pisang juga merupakan sumber alami energi yang sangat baik, memiliki jumlah kalori yang cukup dan bermanfaat baik bagi kesehatan, termasuk penderita diabetes. Mengkonsumsi pisang dengan porsi yang tepat, akan menjadi kunci utama untuk mengendalikan kadar gula dalam tubuh anda. Hal ini karena pisang mengandung tinggi karbohidrat, jika dikonsumsi berlebihan akan memberikan efek buruk bagi anda yang memiliki kadar gula yang cukup tinggi.

 

19. Raspberi.
Raspberi merupakan buah yang tinggi serat dan memiliki indeks glikemik rendah, sehingga baik untuk penderita diabetes. Selain itu raspberi juga sumber tinggi antioksidan dan vitamin yang mampu melawan radikal bebas penyebab peradangan sel tubuh.

 

20. Anggur.
Anggur merah memiliki jumlah yang wajar untuk serat, mineral, vitamin, dan zat gula. Meskipun anggur mengandung tinggi glukosa, jika dikonsumsi dengan tepat akan membantu mengurangi risiko penyakit diabetes. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi anggur setiap hari dengan porsi yang tidak berlebihan dapat memperlambat perkembangan diabetes tipe I dan mengurangi tekanan darah pada diabetes tipe II, serta membantu mencegah resistensi insulin.

 

21. Alpukat.
Meskipun tinggi kalori, alpukat dapat membantu pasien penderita diabetes. Hal ini karena kandungan vitamin C dan asam lemak dalam alpukat mampu menurunkan kadar glikemik dalam tubuh. Selain itu kandungan nutrisi lain dalam alpukat juga mampu membantu menurunkan kadar trigliserida yang tinggi, meningkatkan fungsi insulin dan menstabilkan kadar gula darah.

 

22. Melon.
Melon memiliki daging yang lembut dan sangat menyegarkan. Meskipun buah ini memiliki banyak aspek positif, seorang penderita diabetes harus menjaga dan mengontrol porsi sebelum mengkonsumsinya. Melon memiliki kandungan tinggi air, kaya akan nutrisi, vitamin, dan mineral yang cocok untuk penderita diabetes.

 

23. Delima.
Delima merupakan sumber zat besi yang sangat baik, mengandung berbagai macam vitamin dan mineral untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh. Jika anda termasuk seorang penderita diabetes, jus delima bekerja dengan baik dan penuh keajaiban dalam menjaga kadar gula darah agar tetap stabil.

 

24. Plum.
Buah plum mampu membantu menjaga gula darah dalam tubuh tetap normal. Hal ini karena kandungan glikemik dalam buah plum yang dinilai cukup rendah. Buah plum adalah jenis buah untuk diabetes yang sangat aman dikonsumsi asal tidak berlebihan. Buah ini juga dapat mengurangi frekuensi sering buang air kecil pada penderita diabetes. Sebaiknya bagi penderita diabetes konsumsi buah ini dengan porsi yang tepat untuk mengurangi risiko meningkatnya kadar gula dalam tubuh.

 

25. Tomat.
Dalam tomat juga ditemukan banyak manfaat bagi penderita diabetes. Tomat sangat rendah karbohidrat, tinggi vitamin C, dan kaya akan zat antioksidan yang baik bagi kesehatan. Selain itu Kandungan licopene dalam tomat dapat membantu mengurangi proses kerusakan membran sel dalam darah serta membantu mencegah kerusakan sistem imune dalam tubuh. Makanlah tomat mentah untuk mendapatkan manfaat komplit dari nutrisi yang terkandung didalamnya.

 

[Sumber: stylecraze.com]
Share:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *