19 Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

Manfaat Tomat – Tak asing lagi dengan yang namanya tomat di kehidupan sehari-hari kita, tomat adalah salah satu sayuran berbentuk buah yang bisa dikonsumsi dalam kondisi belum dimasak maupun sudah dimasak. Tomat secara umum digunakan dalam pembuatan berbagai macam hidangan vegetarian maupun non-vegetarian di seluruh dunia dan juga dapat dimanfaatkan untuk bahan pembuat makanan ringan, seperti pizza, sandwich, dan koktail. Karena kandungan nutrisi dan vitamin yang tinggi, tomat dapat dijadikan solusi untuk menjaga kesehatan dengan mengkonsumsinya secara rutin. Berikut manfaat alami tomat yang menakjubkan :

manfaat tomat
Image courtesy of Vladimir Morozov at flickr.com (CC)

Manfaat Tomat

1. Kandungan vitamin & nutrisi.
Kandungan vitamin & nutrisi dalam tomat menyediakan hampir 20 persen dari asupan vitamin harian tubuh yang diperlukan untuk menjaga kesehatan yang lebih baik . Hal ini berkaitan dengan semua vitamin & nutrisi yang terkandung positif baik untuk memfungsikan tubuh manusia.

2. Untuk kesehatan jantung.
Tomat yang kaya akan kandungan kaliumnya , dapat memberikan sekitar 237 mg kalium yang berguna untuk mengontrol detak jantung dan membantu dalam mencegah penyakit jantung dan stroke.

3. Mencegah penyakit kulit & mata.
Kandungan vitamin seperti vitamin A , B kompleks flavonoid , tiamin , folat , niacin dll juga terdapat dalam tomat yang dapat membantu menyembuhkan penyakit  kulit & mata.

Baca juga: Manfaat: 4 Herba Alami Untuk Kesehatan Mata

4. Mencegah tekanan darah tinggi.
Tomat , dengan kandungan mineral dan nutrisi yang sangat tinggi juga membantu dalam menjaga tubuh kita dari tekanan darah tinggi dan kolesterol .

5. Baik untuk tulang & gigi.
Tomat yang kaya akan kalsium, cenderung dapat membantu meningkatkan kekuatan tulang dan pembentukan tulang dalam tubuh. Hal ini juga bermanfaat untuk menjaga gigi agar tetap sehat & kuat.

6. Melindungi dari radikal bebas.
Beberapa zat antioksidan flavonoid, seperti lycopene dan zea – xanthin yang terbaik dikenal sebagai anti radikal bebas. Sehingga tubuh terhindar dari berbagai jenis penyakit.

7. Anti kanker.
Kandungan zat antioksidan dalam tomat juga dapat membantu untuk mencegah berbagai reaksi yang tidak diinginkan di paru-paru , usus besar dan payudara yang dapat cenderung menyebabkan penyakit kanker . Perlu diketahui bahwa zat antioksidan dapat membantu dalam pengobatan kanker dengan mencegah reaksi karsinogenik dalam tubuh.

8. Kandungan lemak yang sedikit.
Nutrisi dasar tomat lainnya, yaitu termasuk 4 gram karbohidrat , 1 gram protein , 18 kalori dan 0 gram lemak jenuh. Sayuran ini bisa dimakan dalam jumlah yang cukup karena tomat memiliki tingkat kalori yang rendah.

9. Mengecilkan pori-pori wajah.
Tambahkan empat tetes jus tomat dengan 1 sendok makan air dan balurkan pada wajah Anda dengan bantuan kapas. Kemudian pijat dengan lembut dan biarkan selama 15 menit. Penggunaan secara rutin akan dapat membantu mengecilkan ukuran pori wajah.

10. Mencerahkan kulit.
Tomat tidak hanya merupakan bagian penting dari diet yang sehat tetapi juga dapat bekerja ketika dioleskan pada kulit . Membalurkan jus tomat atau menggosok belahan tomat pada kulit meskipun diluar kulit dapat mencerahkan kulit anda dan tetap terlihat sehat . hal ini disebabkan tomat memiliki kandungan vitamin C tinggi yang dikenal untuk mencerahkan kulit .

11. Mengobati kulit kering & rusak.
Minyak biji tomat adalah tambahan terbaru ke barisan minyak pembawa kesehatan alami dan sangat baik untuk mengobati beberapa kondisi kulit. Ini dikemas dengan zat yang melawan radikal bebas dan tanda-tanda penuaan . Minyak biji tomat digunakan untuk pengobatan ringan sampai kondisi kulit yang parah seperti eksim dan psoriasis . Hal ini juga membantu dalam mengobati kulit kering dan rusak.

12. Mengobati jerawat.
Vitamin A dan C biasanya ditemukan dalam banyak obat-obatan & salep untuk mengobati jerawat . Kandungan asam yang tinggi dalam tomat dapat membantu untuk mengobati jerawat pada wajah.

13. Mencegah minyak berlebih pada wajah.
Produksi sebum berlebih menyebabkan penyumbatan pori-pori yang menyebabkan jerawat dan warna kulit tidak merata. Cukup 2 tomat di jus dan tambahkan 4 sendok makan jus mentimun. Kemudian tempelkan pada wajah setiap hari dengan bantuan bola kapas untuk mengontrol minyak berlebih.

14. Memperlambat penuaan.
Sayuran tomat dan produk-produk sejenisnya memungkinkan kulit dapat menyerap oksigen dengan mudah dan dapat mencegah penuaan dini jika dikonsumsi dengan benar. Hal ini memberikan perawatan kulit secara alami yang dapat membuat kulit terlihat lebih muda dan sehat.

15. Melindungi kulit dari sinar UV.
Menurut berbagai penelitian yang telah dilakukan, tomat mengandung antioksidan yang disebut lycopene yang dapat bertindak sebagai tabir surya alami. Hal ini dapt membantu memberikan perlindungan kulit dari sinar UV yang keras.

16. Mencegah kerusakan sel kulit.
Mengkonsumsi setidaknya 16 miligram lycopene setiap hari dipercaya dapat mengurangi jumlah radikal bebas dalam tubuh dan menjadikan kulit tampak lebih muda. Hal ini dapat mencegah kerusakan pada sel kulit dan juga mempertahankan kelembaban, sehingga mencegah garis-garis halus dan kerutan.

17. Membuat kulit halus & bercahaya.
Campur madu dengan jus tomat, kemudian oleskan pada wajah dan mencucinya setelah 15 menit untuk mendapatkan kulit halus dan bercahaya.

18. Menjaga kesehatan rambut.
Perlu kita sadari bahwa banyak produk perawatan rambut termasuk shampoo dan kondisioner yang mengandung ekstrak tomat sebagai salah satu bahan pembuatnya. Hal ini karena tomat mengandung nutrisi penting seperti vitamin A , B, C dan E yang stimulan sangat baik untuk kesehatan rambut.

19. Menjaga kesehatan gusi.
Kandungan vitamin C-nya yang tinggi membuat tomat sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan gusi kita. Dengan mengkonsumsi rutin setiap hari dipercaya dapat mengurangi resiko penyakit gusi berdarah.

Inilah beberapa manfaat kandungan gizi dalam tomat bagi kesehatan tubuh manusia, jika kita mengkonsumsinya secara rutin insyaallah akan mendapatkan tubuh yang sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Share:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *