14 Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan

Buah manggis adalah sejenis pohon cemara tropis yang banyak ditemukan di daerah Indonesia, Asia Tenggara seperti Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam dan di beberapa daerah di Afrika. Warna ungu pada buah manggis, membuat penampilan dan rasanya menjadi unik sehingga sering dihormati sebagai ratu buah tropis, terutama di daerah timur.

manfaat buah manggis

Kalau kita perhatikan, buah manggis ini memiliki tiga bagian utama yaitu: kulit, daging, & biji. Sebelum di makan, kita perlu membelah kulit yang membungkusnya terlebih dahulu. Biasanya agak sulit ketika membuka kulit terluarnya. Dengan daging yang berwarna putih, memiliki aroma yang lembut dan manis membuat buah ini digemari oleh sebagian orang, terutama mereka yang peduli akan kesehatan. Disarankan juga untuk berhati-hati ketika memakan buah ini, karena bijinya yang pahit jika terkunyah.

Manggis telah menjadi bagian dari obat tradisional di berbagai negara-negara Asia. Hal ini karena kandungan nutrisinya yang sangat tinggi berupa zat antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh agar tetap sehat dan kuat melawan serangan dari berbagai macam jenis penyakit. Manfaat ini dikenal sejak abad ke-18 dan telah terbukti manfaatnya sampai sekarang ini. Banyak orang yang memiliki ide kretif untuk mengolah buah serta kulitnya hanya diperuntukkan sebagai obat tradisional dan vitamin kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan banyaknya simpanan nutrisi baik yang terdapat didalamnya. Berikut adalah beberapa manfaat alami buah manggis bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Buah Manggis

1. Sebagai antioksidan.
Buah manggis adalah salah satu buah kaya akan zat antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Di dalamnya terkandung sejenis senyawa alami polifenol yang dikenal sebagai xanthone. Xanthone tidak ditemui pada buah-buahan lainnya kecuali pada buah manggis. Karena manfaatnya, temasuk anti-inflamasi xanthone dapat menjadi pilihan obat yang efektif untuk membantu mengobati berbagai macam penyakit kardiovaskular. Secara alami, antioksidan ini memiliki sifat penyembuhan yang dapat menyembuhkan sel-sel tubuh yang rusak oleh pengaruh radikal bebas, memperlambat penuaan, dan mencegah penyakit degenerative termasuk kerusakan fisik dan mental.

2. Obat anti kanker.
Senyawa xanthone yang terkandung dalam kulit manggis mempunyai fungsi utama sebagai zat antiproliferasi, yaitu zat yang berguna dalam menghambat pertumbuhan sel kanker. Ini adalah antioksidan kuat dan sangat efektif yang dapat membatu melindungi tubuh kita dari pengaruh radikal bebas.

3. Menstabilkan tekanan darah.
Selain mengandung senyawa xanthone, manggis juga tinggi akan mineral seperti tembaga, mangan, dan magnesium. Kandungan kaliumnya juga dapat memberikan perlindungan terhadap stroke dan penyakit jantung koroner. Kalium efektif untuk membuat semua sel, jaringan, dan seluruh organ dalam tubuh manusia bisa berfungsi dengan baik.  Oleh karena itu kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang dapat membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

4. Menurunkan kolesterol.
Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dengan kulit manggis adalah salah satu solusi terbaik untuk mencegah penyakit lain yang disebabkan oleh kolesterol.Kolesterol adalah salah satu penyakit yang banyak diderita oleh mereka yang memiliki kelebihan berat badan. Diet kaya manggis dapat membantu dalam mengurangi tingkat kolesterol dalam tubuh manusia. Hal ini karena didalam manggis terdapat zat penting yang bermanfaat dalam proses penurunan kadar kolesterol.

5. Memperlambat penuaan.
Penuaan sel pada tubuh disebabkan karena proses oksidasi, sehingga sel menjadi rusak. Manggis memiliki zat antioksidan tinggi seperti katekin (antioksidan yang ditemukan dalam teh hijau) yang burfungsi membantu memerangi radikal bebas penyebab kerusakan pada sel tubuh. Oleh karena itu, mengkonsumsi manggis secara rutin dapat membantu seseorang terlihat lebih  awet muda.

6. Sumber energi.
Manggis selain bermanfaat sebagai obat, ternyata juga dapat membantu seseorang merasa lebih segar dan berenergi sepanjang hari jika mengkonsumsinya secara rutin. Nutrisi yang terkandung didalamnya akan membantu kita terlihat lebih segar dan muda. Ini memberikan dorongan energi dalam tubuh kita untuk melakukan berbagai macam kegiatan sehari-hari.

7. Mencegah dan mengobati infeksi virus.
Kandungan xanthone dalam manggis memiliki kemampuan alami untuk menyerang jamur dan infeksi virus. Xanthone bahkan dapat membantu menyingkirkan karsinogen tertentu penyebab kanker pada kulit.

8. Mengatasi diare.
Tentu saja sangat mengganggu jika tiba-tiba penyakit diare menyerang kita. Pekerjaan bisa jadi berantakan dan aktivitas sehari-hari menjadi terhambat. Kebanyakan diare disebabkan oleh beberapa infeksi virus namun terkadang juga seringkali akibat dari racun bakteria. Menggunakan hasil rebusan daun dan kulit manggis dapat bermanfaat untuk mengobati diare. Hal ini karena manggis memiliki kemampuan membasmi bakteri dan infeksi virus pada tubuh manusia.

9. Menyembuhkan sakit pada gusi.
Manggis mengandung banyak zat penting seperti antioksidan dapat bermanfaat sebagai obat alami untuk mengobati dan mencegah peradangan atau infeksi pada jaringan penyangga gigi (jaringan periodontium) yang dikenal sebagai periodontitis. Gel manggis membantu proses penyembuhan masalah pada gusi.

10 Anti – Radang / Inflamasi.
Manggis mengandung zat anti – inflamasi yang sangat bermanfaat bagi penderita sakit linu pada panggul yang tidak dapat dikendalikan dengan terapi obat. Mengkonsumsi buah manggis dua sampai tiga kali sehari akan membantu menghilangkan rasa sakit tersebut.

11. Mencegah dan mengobati penyakit TBC.
Buah manggis mempunyai sifat antibakteri dan antijamur yang kuat selain sangat efektif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Oleh sebab itu, penggunaan manggis menjadi cara alami untuk menguatkan antibodi penderita TBC. Hal ini karena penderita TBC memiliki sistem imun yang lemah sehingga mudah terserang berbagai penyakit.

12. Vitamin C untuk ketahanan terhadap penyakit.
Manggis adalah salah satu dari buah-buahan yang kaya akan vitamin C dan mengandung sekitar 12 % RDA per 100g. Termasuk antioksidan yang mudah larut, vitamin C membantu memberikan perlawanan terhadap flu seperti infeksi dan radang pada gusi. Oleh karena itu, mengkonsumsi buah-buahan yang kaya vitamin C seperti manggis, sangat membantu untuk menjaga ketahanan terhadap suatu penyakit.

13. Membantu menurunkan berat badan.
Xanthone yang terkandung dalam kulit manggis dapat membantu proses penurunan berat badan seseorang. Bagi anda yang memiliki masalah dengan berat badan, air rebusan kulit manggis dapat dijadikan sebagai solusi terbaik untuk mengatasinya. Tentu saja tidak cukup sekali dua kali minum, tetapi mengkonsumsinya secara rutin dan diimbangi dengan olah raga secara teratur setiap hari akan mendapatkan hasil lebih baik. Senyawa xanthone dalam manggis membantu dalam pencegahan kenaikan berat badan dengan membakar lemak dan mengubahnya menjadi energi.

14. Mengobati penyakit Alzheimer.
Alzheimer adalah penyakit yang disertai dengan gejala seperti kebingungan, kekacauan dan kesulitan dalam mengingat sesuatu. Kandungan nutrisi pada kulit manggis dapat juga bermanfaat sebagai obat herbal untuk membantu proses penyembuhan penyakit tersebut.

Demikianlah beberapa manfaat dan khasiat manggis untuk kesehatan tubuh kita. Manggis yang kaya akan nutrisi penting didalamnya dapat dijadikan sebagai salah satu solusi alami untuk membantu pencegahan dan penyembuhan dari berbagai macam penyakit yang menyerang. Banyak ahli obat tradisional sekarang-sekarang ini yang memanfaatkannya untuk campuran pembuatan obat herbal, sehingga hal ini memudahkan kita untuk mendapatkan dan mengkonsumsinya.

Share:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *