12 Manfaat Buah Pisang Bagi Kesehatan dan Pengobatan Penyakit

Manfaat Buah Pisang – Pisang merupakan tanaman buah berupa herba yang berasal dari kawasan Asia Tenggara (termasuk Indonesia), Afrika (Madagaskar), Amerika Selatan dan Tengah. Kalau sudah matang rasanya manis, sehingga membuat banyak orang senang mengonsumsi buah ini, bahkan monyet pun menjadi penggemar buah ini.

manfaat buah pisang
Image courtesy of Sommai at freedigitalphotos.net

Beragam jenis pisang yang ada di pasaran, ada pisang ambon, raja, kepok, pisang susu, dll-nya. Buah berwarna kuning ini termasuk buah yang memiliki banyak manfaat. Kandungan nutrisi buah pisang sangat banyak, terdiri atas mineral, vitamin, karbohidrat, serat, protein, lemak dan lain-lain, sehingga hal ini dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi tubuh.

Pisang adalah buah yang mengandung tinggi sarat dan hampir tidak memiliki kandungan lemak, sehingga mudah dicerna oleh organ pencernaan kita. Karbohidrat yang terkandung di dalam buah pisang sekitar 23-35%, lemak 0.2% dan seperti bahan nabati lainnya, pisang tergolong buah yang mengandung rendah kolesterol. Buah ini juga kaya akan kalium dan mengandung magnesium, selenium, besi dan vitamin-vitamin serta bebas natrium. Pisang kaya dengan vitamin B-6 yang dibutuhkan untuk kesehatan mental seseorang. Kekurangan vitamin B-6 ini dapat menyebabkan seseorang mudah lelah dan marah serta susah tidur. Mengkonsumsi satu setengah buah pisang setiap hari akan mencukupi kebutuhan tubuh terhadap vitamin B-6 ini.

Menambahkan buah pisang kedalam menu diet harian anda memiliki berbagai macam manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh anda. Pisang dapat membantu anda dalam mencapai tujuan penurunan berat badan, menjaga kesehatan perut, memberikan asupan nutrisi untuk mengatur detak jantung dan mengandung senyawa vitamin untuk menjaga kesehatan mata anda. Berikut manfaat alami buah pisang bagi kesehatan tubuh kita:

Manfaat buah pisang

1. Meningkatkan sumber energi.
Kandungan karbohidrat pada buah pisang dapat membantu mencukupi kebutuhan kalori tubuh yang dapat menghasilkan sumber energi. Zat gula yang terkandung didalam buah pisang juga dapat diubah sebagai sumber energi yang baik. Mengkonsumsi 3 buah pisang sehari, dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menambah energi untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

2. Menurunkan berat badan.
Menambahkan buah pisang kedalam menu diet merupakan solusi yang baik untuk membatu proses penurunan berat badan anda. Hal ini karena pisang merupakan buah yang tergolong mengandung bebas lemak dan juga kolesterol.

3. Membantu proses pencernaan makanan.
Pada dasarnya pisang sangat mudah dicerna. Kandunga serat dalam buah pisang sangat baik untuk mengatasi risiko sembelit. Anda tidak perlu mengkonsumsi obat pelancar, cukup dengan makan buah pisang saja akan membantu mengatasi masalah tersebut. Mencampur buah pisang kedalam segelas susu, dapat membantu mengurangi resiko gejala kanker usus besar.

4. Sumber vitamin C.
Seperti buah lainnya, pisang juga memiliki kandungan vitamin C tinggi yang bermanfaat bagi tubuh dalam meningkatkan daya tahan dari berbagai macam jenis penyakit. Satu buah pisang mengandung sekitar 10mg vitamin C atau sekitar 15 persen dari rekomendasi vitamin C harian yang dibutuhkan oleh tubuh.

5. Sumber vitamin B6.
Vitamin B biasanya banyak ditemukan pada produk hewani, tetapi pisang ternyata juga merupakan sumber vitamin B6 yang bermanfaat baik bagi kesehatan tubuh kita. Satu buah pisang memberikan sekitar 35% dari rekomendasi kebutuhan vitamin B6 harian tubuh. Vitamin B6 bermanfaat untuk membantu proses pertumbuhan sel-sel baru dalam tubuh.

6. Mengobati sakit maag.
Buah pisang dapat di jadikan salah satu solusi untuk mengatasi sakit maag. Hal ini karena pisang dapat membantu mencegah kelebihan  dan mengurangi produksi asam lambung. Penderita maag dianjurkan untuk banyak mengonsumsi buah pisang untuk mengurangi risiko terjadinya maag akut.

7. Kesehatan jantung.
Kandungan nutrisi pada buah pisang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit jantung coroner. hal ini karena buah pisang mengandung vitamin C dan flavonoid yang bersifat sebagai antioksidan serta dapat mengahambat proses oksidasi lemak pada saluran pembuluh darah. Kalium yang terkandung dalam buah pisang merupakan suatu tonik yang baik bagi kesehatan jantung.

8. Kesehatan mata.
Manfaat lainnya buah pisang adalah membantu menjaga kesehatan mata. Buah pisang mengandung sejumlah vitamin A yang larut dalam lemak dan sangat baik untuk menjaga kesehatan mata anda. Asupan vitamin A yang cukup dapat mengurangi risiko penyakit penglihatan seperti kebutaan, katarak, mata minus, dan lainya.

9. Melancarkan sirkulasi darah.
Buah pisang memiliki kandungan potasium yang baik untuk melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh. Kandungan kalium membantu mengatur tekanan aliran darah. Hal ini dapat mengurangi resiko terjadinya stroke sebagai penyebab gejala penyakit jantung.

10 Mengatasi anemia.
Zat besi merupakan salah satu komponen penting penyusun sel darah merah. Buah pisang merupakan sumber zat besi tinggi yang dapat membantu memenuhi kebutuhan mineral tubuh dalam menghasilkan komponen sel darah merah. Oleh karena itu buah pisang sangat cocok dikonsumsi oleh penderita anemia. Dengan mengkonsumsi 2 buah pisang setiap harinya dapat menigkatkan produksi sel darah merah bagi penderita anemia.

11. Nutrisi ibu hamil.
Kandungan asam folat dalam buah pisang mudah diserap oleh janin melalui rahim. Asam folat bermanfaat melindungi bayi terhadap berbagai masalah seperti berat badan lahir rendah, pertumbuhan yang buruk dalam rahim, celah bibir dan langit-langit, kelahiran premature, dan mengurangi risiko terjadinya keguguran.

12. Kesehatan tulang.
Kandungan mangan dalam buah pisang bermanfaat untuk membangun struktur tulang, membantu proses metabolisme tulang, dan menciptakan enzim penting untuk membangun tulang. Mengkonsumsi buah pisang secara rutin setiap hari dapat membantu menjaga kesehatan tulang dan mencegah risiko penyakit osteoporosis.

Share:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *