11 Manfaat KELOR Yang WAJIB Anda Ketahui Agar Tetap Sehat

Manfaat KELOR – Daun kelor merupakan salah satu jenis sayuran yang bentuk daunnya menyirip dengan ukuran helaian daun yang kecil tersusun rapi pada sebuah tangkai dan berbentuk bulat lonjong seperti telur. Daunya berwarna hijau tua dan lebih pucat. Biasanya tanaman kelor tumbuh antara 3 meter sampai 10 meter. Dibalik popularitasnya, daun kelor memiliki beragam manfaat bagi kesehatan yang mungkin belum diketahui oleh kebanyakan orang. Bagian daunnya ternyata mengandung nutrisi penting seperti vitamin C, vitamin A, potassium dan nutrisi lain yang berguna untuk tubuh. Karena manfaatnya, daun kelor kini banyak digunakan sebagai bahan ekstrak obat untuk mengatasi berbagai jenis penyakit atau diolah secara tradisional guna dijadikan sebagai ramuan herbal alami.

manfaat kelor
Image courtesy of Books for Life at flickr.com (CC)

Beberapa bagian dari tanaman kelor yang paling sering dimanfaatkan selain daunya adalah bunga, akar, dan bijinya. Biji dan akar biasanya diekstrak untuk diambil minyaknya, serta polong, dan bunganya dapat dikonsumsi sebagai sayuran. Bagian Kulit, biji, getah, daun, minyak, akar, dan bunga juga digunakan sebagai bahan campuran pembuatan obat tradisional diberbagai negara.

Baca juga: Pentingnya Mengkonsumsi Makanan Yang Mengandung Vitamin A

Manfaat kelor bagi tubuh sebenarnya banyak sekali, dimulai dari pengobatan penyakit yang ringan sampai penyakit yang sudah kronis. Berikut akan dijelaskan beberapa manfaat dari tanaman kelor beserta daunnya yang bisa dimanfaatkan dibidang kesehatan khususnya untuk pengobatan terhadap  berbagai jenis penyakit pada manusia.

Manfaat KELOR

      1. Daun kelor yang masih muda merupakan salah satu bagian yang paling banyak dimanfaatkan dari tanaman ini. Hal ini biasanya dikonsumsi sebagai sayuran, yang menyediakan zat besi sejumlah tiga kali lipat lebih banyak daripada sayur daun bayam.
      2. Dalam sebuah penelitian kultur jaringan sel kanker serviks yang dipublikasi oleh jurnal Food and Chemical Technology menunjukkan bahwa ekstrak daun kelor mendukung kematian sel dini, mencegah pertumbuhan dan reproduksi sel-sel kanker. Hasil penelitian tersebut menyimpulkan bahwa ekstrak daun kelor bisa menjadi solusi untuk pencegahan kanker secara alami.
      3. Daun kelor mengandung banyak vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. Mengkonsumsi daun kelor secara teratur dapat membuat mata selalu sehat dan jernih. Daun kelor juga bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit mata, caranya gampang, bisa dimakan langsung ataupun air rebusan daun kelor di basuhkan pada bagian mata yang sakit setiap hari hingga sembuh.
      4. Daun kelor juga bisa digunakan dan sangat baik untuk mengobati penyakit rematik. Manfaat kelor untuk pengobatan penyakit rematik dengan mengurangi rasa sakit pada bagian persendian dan mengurangi penumpukan asam urat pada sendi sehingga dapat menyembuhkan penyakit rematik atau asam urat.
      5. Kandungan senyawa seng yang tinggi bisa membantu mengatasi diabetes. Seng merupakan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi insulin. Dalam journal of Diabetes yang terbit pada bulan Juni 2012, setiap 150 miligram per kilogram berat badan selama 21 hari dapat memberikan manfaat dalam pencegahan penyakit diabetes yang cukup signifikan. Percobaan tersebut dilakukan pada hewan.
      6. Mengkonsumsi makanan cepat saji atau junk food serta makanan yang mengandung lemak tinggi lainnya dapat menyebabkan kadar kolesterol dalam tubuh naik, yang meningkatkan faktor risiko terhadap penyakit jantung dan masalah pembuluh darah. Daun kelor mampu membantu  menyeimbangkan kadar kolesterol dalam darah, sehingga dapat menjauhkan Anda dengan penyakit yang mematikan ini.
      7. Kelor mempunyai sifat antibakteri dan anti racun, sehingga dapat digunakan untuk membersihkan racun dalam tubuh secara alami. Biji kelor yang dicampur dengan air putih bisa membantu menyerap semua kotoran, serta mengeluarkan racun yang menumpuk dalam darah.
      8. Nutrisi yang terkandung dalam teh daun kelor mampu membantu meningkatkan pertumbuhan rambut sehingga tampak lebih sehat dan mengkilap. Petik beberapa daun kelor tua dari cabangnya, lalu tumbuk kemudian oleskan ke rambut. Gunakan sebagai shampoo, lalu bilas dengan air bersih dan lihat hasilnya.
      9. Daun kelor mengandung vitamin c dan antioksidan yang cukup tinggi, kedua zat ini sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit Anda. Daun kelor yang dijadikan sebagai sayur dan dikonsumsi secara rutin bisa membantu menghaluskan kulit dan mencegah timbulnya jerawat. Daun kelor yang ditumbuk juga bisa dijadikan untuk masker wajah yang bisa membuat kulit wajah Anda semakin halus dan cantik.
      10. Mengonsumsi daun kelor secara rutin baik untuk mengatasi masalah perut, seperti sulit buang air besar atau konstipasi.
      11. Suplemen alami yang terbuat dari ekstrak daun dan polong kelor, merupakan sumber alami dari kalsium dan multivitamin. Hal ini tentunya sangat baik untuk meningkatkan vitalitas tubuh, dan tanpa efek samping karena terbuat dari bahan alami.

 

Share:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *