Manfaat Teh: 11 Alasan Kenapa Teh Baik Untuk Di Konsumsi

Manfaat Teh – Menuangkan dalam cangkir kemudian meminumnya – teh memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan anda. Tapi pastikan teh asli yang berasal dari bahan alami dan berasal dari tanaman tertentu yang hanya mencakup empat varietas, yaitu: teh hijau, teh hitam, teh putih, dan teh oolong untuk mendapatkan manfaat teh sebenarnya. Meskipun kebanyakan studi telah difokuskan pada teh hijau dan teh hitam yang lebih terkenal, teh putih dan teh oolong juga membawa manfaat tersendiri bagi kesehatan anda.

manfaat teh

 

Teh biasanya dijual dengan harga yang bergantung pada kualitas dan bagian dari tanaman yang dibuat teh. Banyak produsen makanan dan minuman yang memanfaatkan teh sebagai bahan baku produk-produk mereka, terutama minuman cepat saji. Lebih baik hati-hati dalam memilih produk teh, usahakan untuk mengkonsumsi teh yang benar-benar alami baik dari bahan bakunya maupun cara membuatnya.

Teh merupakan salah satu minuman yang paling popular didunia. Banyak orang yang gemar menikmati minuman satu ini. Entah untuk menemani saat sarapan, saat menikmati cemilan pagi, makan siang, cemilan sore, bahkan saat makan malam sekalipun. Teh sering kali menjadi pelengkap kebersamaan keluarga. Dibeberapa negara, teh merupakan bagian ritual sehari-hari atau merupakan ciri kedudukan mereka.

Teh dikenal sebagai ramuan kesehatan ketika pertama kali digunakan. Kandungan nutrisi penting yang terdapat didalamnya memberikan efek kesehatan yang luar biasa bagi tubuh seseorang. Hal ini akan lebih mengejutkan jika banyak peneliti fokus pada kemungkinan-kemungkinan efek kesehatan pada teh. Berikut Alasan Minum Teh Baik Bagi Kesehatan:

Alasan Teh Baik Untuk Di Konsumsi

1. Teh dapat meningkatkan ketahanan tubuh. Para ilmuwan telah menemukan bahwa katekin (Antioksidan golongan flavonoid) yang terkandung dalam ekstrak teh hijau dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk membakar lemak sebagai bahan bakar, sehingga berpengaruh pada  peningkatan ketahanan otot.

2. Minum teh bisa membantu mengurangi risiko serangan jantung . Teh juga dapat membantu melindungi dan meminimalisir timbulnya penyakit jantung dan degeneratif.

3. Antioksidan yang terkandung didalam teh dapat membantu melindungi tubuh terhadap risiko penyakit  kanker, termasuk kanker payudara, usus besar, usus, kulit, paru-paru, kerongkongan, lambung, usus kecil, pankreas, hati, ovarium, prostat, dan kanker mulut. Tapi sebaiknya jangan hanya mengandalkan teh untuk menjaga kesehatan tubuh – walau bagaimanapun juga teh bukanlah obat ajaib. Berolahraga secara teratur dan memilki pola makan yang baik juga bermanfaat baik bagi kesehatan tubuh anda.

4. Teh memiliki kemampuan dalam membantu melawan radikal bebas. Kemampuan tubuh untuk melawan radikal bebas semakin menurun, dengan gaya hidup dan pola makan yang tidak teratur, udara yang berpolusi, menyebabkan tubuh kita terus menerus diserang radikal bebas, sehingga dapat merusak sistem metabolisme tubuh dengan munculnya penyakit degeneratif dan penuaan.  Kandungan antioksidan yang dikenal sebagai polifenol dalam teh hijau berfungsi melawan radikal bebas. Sehingga membantu Anda melawan penuaan dan meningkatkan umur panjang.

5. Minum teh meminimalisir risiko penyakit Parkinson. Penyakit Parkinson adalah degenerasi sel saraf secara bertahap pada otak bagian tengah yang berfungsi mengatur pergerakan tubuh. Kandungan polifenol di dalam teh hijau terbukti mengurangi senyawa beracun yang dapat mengganggu fungsi sel-sel saraf di otak.

6. Teh memberikan perlindungan dari sinar ultraviolet.  Teh hijau kaya dengan antioksidan yang mampu mengikat radikal bebas berbahaya. Dengan menggunakan ekstrak teh hijau bersama dengan tabir surya, maka Anda akan mendapatkan perlindungan maksimal dari dampak negatif sinar ultraviolet.

7. Teh membantu menjaga berat badan tetap seimbang. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa secangkir teh hijau setiap hari dapat mengurangi lemak tubuh, terutama di daerah perut. Teh hijau juga dapat secara signifikan mengurangi persentase lemak tubuh, berat badan dan lingkar pinggang.

8. Minum teh secara rutin mungkin juga dapat membantu melawan beberapa efek negatif dari merokok dan bahkan mungkin mengurangi risiko kanker paru-paru.

9. Teh dapat bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2. Studi menunjukkan bahwa senyawa dalam teh hijau bisa membantu proses metabolisme gula dengan baik, sehingga dapat membantu memperlambat penyerapan glukosa dalam darah.

10. Senyawa yang terkandung dalam teh hijau dapat membantu meningkatkan kepadatan mineral tulang, sehingga tulang lebih kuat dan tidak rapuh.

11. Teh memungkinkan menjadi solusi efektif dalam pencegahan dan pengobatan penyakit saraf, terutama penyakit degeneratif (Alzheimer). Sementara itu banyak faktor yang mempengaruhi kesehatan otak, polifenol dalam teh hijau dapat membantu menjaga bagian otak dapat bekerja sesuai dengan fungsinya masing-masing.

Minum teh secara rutin dengan cara yang benar dan alami 3 cangkir per hari dapat mengurangi risiko penyakit berbahaya. Sajikan dengan menggunakan air mendidih dan diamkan selama 3 menit agar suhu turun. Kemudian seduh teh selama kurang lebih 2 – 3 menit. Jangan lebih dari 5 menit karena banyak tanin yang akan terlarut. Tanin yang terlarut berlebihan menyebabkan timbulnya rasa pahit dan kelat serta berpotensi menyebabkan sembelit.

[Gambar dipublikasikan oleh: istockphoto.com]

Share:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *