10 Menu Sehat Untuk Sarapan Pagi

Pola hidup sehat umumnya tidak terlepas dari yang namanya sarapan pagi. Karena dengan sarapan, anda akan lebih siap dan lebih bertenaga untuk melakukan beragam aktivitas sehari-hari. Banyak sekali makanan sehat yang dapat anda konsumsi saat sarapan pagi, mulai dari buah-buahan, sayur-sayuran, selai buah, jus, dan berbagai menu sehat lainnya. Sebagai insan yang peduli dengan kesehatan, memilih menu sarapan pagi yang sehat merupakan hal penting yang harus dilakukan supaya kesehatan tubuh tetap terjaga. Berikut beberapa makanan menyehatkan yang dapat anda konsumsi saat sarapan pagi:

 

Menu Sehat Sarapan Pagi

1. Berries.

berries menu sehat sarapan pagi

 

Buah berries menyimpan banyak kandungan gizi yang amat baik bagi kesehatan tubuh anda. Senyawa antioksidan yang terkandung didalamnya mampu menjaga tubuh anda tetap sehat. Sebagai buah-buahan yang memiliki rendah kalori, buah berries juga mengandung tinggi vitamin dan mineral. Selain itu zat aktif biologis fitonutrien yang terdapat didalamnya dapat membantu melindungi anda terhadap serangan penyakit jantung dan kanker.
2. Oatmeal.

 

oatmeal menu sehat sarapan pagi
Oatmeal adalah makanan yang terbuat dari bahan gandum dengan serat tinggi yang dapat membantu menjaga kadar kolestrol dan gula darah anda tetap normal. Oatmeal memiliki beta -glucan (fiber), yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, terutama jika anda mau mengkonsumsinya secara rutin dan teratur. Oatmeal cocok untuk yang sedang menjalani diet.

3. Telur.

telur menu sehat sarapan pagi
Telur memang sudah menjadi salah satu menu pilihan untuk sarapan pagi sebagian besar dari kita. Didalam telur ternyata menyimpan berbagai macam nutrisi lengkap yang bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh.Terkandung sekitar 13 nutrisi penting vitamin dan mineral, termasuk protein yang merupakan komponen penting dari tulang, otot, tulang rawan, kulit, dan juga darah. Selain itu protein juga membantu membangun dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, serta berperan penting dalam proses metabolisme tubuh. Jika anda mengkunsumsi makanan tinggi protein, hal ini akan membuat anda tetap kenyang serta mengurangi keinginan untuk makan di siang hari.

4. Kopi.

kopi menu sehat sarapan pagi
Minum secangkir kopi di pagi hari dapat memberikan asupan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh anda. Antioksidan berfungsi untuk menangkal radikal bebas serta mencegah proses penuaan sel-sel tubuh sehingga membuat fungsi tubuh anda tetap terjaga dengan baik. Selain itu kopi juga memiliki manfaat baik untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke.

5. Keju.

keju menu sehat sarapan pagi
Sarapan pagi dengan keju akan memberikan asupan protein yang cukup untuk tubuh anda, seperti halnya telur. Selain itu, kandungan nutrisi lainnya seperti kalsium juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, serta vitamin B untuk membantu penyerapan dan peredaran kalsium dalam tubuh.

6. Pisang.

pisang menu sehat sarapan pagi
Menambahkan pisang dalam menu sarapan pagi, memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh anda. Pisang mengandung tinggi potasium yang baik untuk menjaga sistem peredaran darah. Selain itu, kandungan kaliumnya membantu mengatur tekanan darah, sehingga hal ini dapat menekan resiko stroke penyebab timbulnya gejala penyakit jantung.

7. Teh Hijau.

teh hijau menu sehat sarapan pagi
Jika anda tidak suka minum kopi, teh hijau merupakan salah satu alternatif yang baik untuk menu di pagi hari. Teh hijau kaya akan senyawa katekin, antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel dalam tubuh, sehingga mampu membantu menurunkan risiko penyakit kanker dan jantung. Selain itu teh hijau juga bermanfaat memperkuat gigi, mencegah gigi berlubang, dan membantu mengurangi bau mulut.

8. Selai Kacang

selai kacang menu sehat sarapan pagi
Selai kacang mengandung sejumlah protein dan lemak sehat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, mencegah terjadinya penyakit Alzheimer, dan juga diabetes. Selain itu kandungan nutrisi dalam selai kacang juga ternyata mampu menurunkan risiko penyakit jantung coroner.

9. Smoothie

smoothie menu sehat sarapan pagi
Berbeda dengan jus pada umumnya (yang menggunakan juicer) yang encer dan tanpa ampas, smoothie bertekstur pekat dan padat karena semua bahan baku hanya dihaluskan menggunakan blender. Silahkan tambahkan buah-buahan dan sayur-sayuran yang menjadi favorit anda. Buah dan sayur kaya akan vitamin dan mineral serta nutrisi penting lainnya yang bermanfaat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

 

10. Grapefruit.

 

grapefruit menu sehat sarapan pagi
Buah ini kaya akan vitamin C dan kalium. Kandungan seratnya membantu anda tetap kenyang dalam waktu yang lebih lama. Selain itu, zat antioksidan yang terkandung didalamnya mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dan mengurangi risiko penyakit jantung.

 

 [Sumber: stethnews.com]
Share:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *