10 Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan

Jambu biji merupakan buah tropis lain yang kaya dan tinggi akan nutrisinya. Dengan rasa yang unik asam-manis membuat buah ini digemari oleh kebanyakan orang. Banyak dari anda yang mungkin memanfaatkannya sebagai alternatif untuk penyembuhan penyakit tertentu. Hal ini karena banyak nutrisi penting seperti vitamin A, vitamin  C, vitamin  E, likopen, kalsium, protein, fosfor, asam pantotenat, dan masih banyak lainnya, yang dibutuhkan dan bermanfaat baik bagi tubuh.

manfaat jambu biji

Jambu biji banyak ditemukan di negara-negara asia, bahkan mulai tersebar di sebagian negara barat, hal ini karena banyak manfaat kesehatan yang terungkap olehnya. Jambu biji adalah buah musiman yang berbentuk seperti buah pir tapi agak bulat, berwarna hijau waktu masih muda dan kuning atau merah marun ketika sudah matang. Jambu biji memiliki  daging berwarna putih atau merah marun dan banyak terdapat biji yang keras dan kecil diselimuti sebagian daging lembut seperti bubur yang bisa dimakan mentah ( matang atau setengah matang ) atau dalam bentuk selai dan jeli.

Apa yang membuat jambu biji menjadi lebih istimewa? Hal ini disebabkan penggunaan pestisida yang tidak berlebihan seperti dalam kasus buah anggur, apel, dan buah-buahan lainnya. Ini adalah salah satu dari buah-buahan yang sedikit bahan kimia dalam proses perawatanya, sehingga selain tinggi nutrisi juga lebih aman dikonsumsi.

Manfaat Sehat Dari Jambu Biji

1. Meningkatkan kekebalan tubuh.
Jambu biji adalah salah satu sumber vitamin C terkaya yang memiliki kandungan empat kali lipat vitamin C yang terkandung dalam buah jeruk. Oleh sebab itu, jambu biji menawarkan dua kali kebutuhan harian vitamin C,  vitamin yang terkait erat dengan peningkatan kekebalan dan melindungi anda terhadap infeksi umum dan patogen. Peranan jambu biji dalam imunitas juga dikaitkan dengan tindakan anti – inflamasi dan kemampuannya untuk menghambat molekul inflamasi penyebab kerusakan pada jaringan sel tubuh.

2. Menurunkan berat badan.
Jambu biji sangat membantu bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan tanpa mengorbankan asupan protein, vitamin, dan serat. Hal ini karena Jambu biji mengandung tinggi serat dan kaya akan vitamin, protein, dan mineral, serta rendah kalori dan lemak.

3. Memperlambat penuaan.
Jambu biji merupakan sumber yang kaya vitamin A, B, C, dan potasium yang merupakan senyawa antioksidan baik yang mampu melawan radikal bebas, sehingga dapat membantu menjaga kulit tetap bersinar dan bebas dari tanda-tanda penuaan dini seperti keriput dan garis-garis halus pada kulit. Selain itu, likopen bermanfaat sebagai pelindung sel-sel sehat dari racun yang menumpuk dalam tubuh karena proses metabolisme dan pengaruh pencemaran lingkungan.

4. Mencegah kanker.
Salah satu manfaat alami jambu biji yang paling terkenal dan penting adalah kemampuannya dalam menghambat pertumbuhan dan metastasis sel kanker. Ada banyak penelitian yang dilakukan dalam beberapa tahun terakhir tentang efek mengkonsumsi jambu biji terutama pada kanker prostat, kanker payudara, dan kanker mulut. Kandungan likopen sebagai antioksidan kuat yang telah terbukti sangat sukses dalam mengurangi risiko penyakit kanker prostat dan kanker payudara.

5. Mengatasi risiko diabetes.
Efek anti – diabetes dari jambu biji telah memberikan kabar baik bagi penderita diabetes saat ini. Tingginya kandungan serat dalam jambu biji dapat membantu mengatur penyerapan gula oleh tubuh, yang memungkinkan untuk menurunkan insulin dan glukosa dalam tubuh mereka. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi jambu biji dapat membantu mencegah munculnya diabetes tipe – 2.

6. Mengatasi masalah penglihatan.
Jambu biji merupakan sumber vitamin A  yang sangat baik, yang bermanfaat untuk menjaga fungsi organ penglihatan. Hal ini dapat membantu memperlambat munculnya katarak, mencegah degenerasi makula , dan mengatasi masalah umum kesehatan mata lainnya. jadi jika anda tidak suka wortel, anda bisa mencoba jambu biji sebagai alternatif meningkatkan penglihatan anda.

7. Menjaga kesehatan kelenjar tiroid.
Kandungan nutrisi tembaga yang terdapat dalam jambu biji, merupakan bagian penting untuk mengatur metabolisme pada kelenjar tiroid dengan membantu mengontrol produksi hormon dan proses penyerapan. Kelenjar tiroid merupakan salah satu kelenjar yang paling penting dalam tubuh yang berperan dalam mengatur hormon dan fungsi organ, sehingga jambu biji dapat membantu menyeimbangkan kesehatan anda dalam banyak cara.

8. Kesehatan otak.
Kandungan vitamin dalam jambu biji lainnya adalah vitamin B3 dan B6. B3 ( juga dikenal sebagai niasin ) dapat meningkatkan aliran darah dan merangsang fungsi kognitif. B6 adalah nutrisi yang besar untuk fungsi otak dan saraf. Oleh karena itu, mengkonsumsi jambu biji dapat membantu anda meningkatkan fungsi otak dan mempertajam konsentrasi berpikir anda.

9. Mengatasi darah tinggi.
Kandungan nutrisi dalam Jambu biji dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dalam darah dan mencegah penebalan pada pembuluh darah, dengan demikian mampu mempertahankan fluiditas dan mengurangi tekanan aliran darah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa makanan kurang serat (seperti tepung halus) berpotensi menambah tekanan aliran darah, hal ini karena pembentukan kadar gula yang cepat. Jambu biji, yang kaya akan serat dan hipoglikemik di alam, dapat membantu mengurangi tekanan aliran darah dalam tubuh.

10. Membantu proses penyerapan nutrisi.
Jambu biji memiliki kandungan mangan yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu tubuh dalam proses penyerapan nutrisi penting lainnya dari makanan yang kita makan sehari-hari. Ketika makanan sudah dalam proses pencernaan, nutrisi akan segera di serap dan dimanfaatkan dengan baik, sehingga tubuh mendapatkan semua nutrisi penting seperti biotin, vitamin, dll.

[Gambar dipublikasikan oleh: morguefile.com]

Share:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *