9 Manfaat Buah Naga Bagi Kesehatan

Buah naga berasal dari daerah Meksiko, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan yang merupakan buah dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Karena manfaatnya yang luar biasa buah naga mulai dibudidayakan di negara-negara Asia seperti Taiwan, Vietnam, Filipina, Indonesia dan Malaysia. Selain di negara-negara tersebut buah naga juga dapat anda temui di daerah Okinawa, Israel, Australia utara, dan Tiongkok selatan.

manfaat buah naga

Di Indonesia, buah naga sudah tidak asing lagi namanya. Oleh karena itu anda bisa menemukannya dengan mudah di pasar tradisional ataupun modern. Banyak juga orang menggunakan buah naga sebagai campuran sop buah untuk menambah sensasi rasa yang lebih segar dan lezat. Meskipun buah naga kelihatanya biasa saja, ternyata didalamnya terkandung nutrisi penting dan kaya akan manfaat baik bagi kesehatan. Dengan mengkonsumsi buah naga secara rutin akan meningkatkan fungsi sistem kekebalan serta memberikan asupan kebutuhan vitamin dan mineral harian tubuh anda. Berikut 10 manfaat alami buah naga bagi kesehatan tubuh anda:

Manfaat Buah Naga

1. Kardiovaskular.
Buah naga dikenal mampu membantu menurunkan stress oksidatif, salah satu faktor utama dalam penyakit kardiovaskular. Biji yang terdapat dalam buah naga mengandung tinggi asam lemak tak jenuh jamak (asam lemak omega-3 dan omega-6). Kedua lemak sehat tersebut mampu membantu mengurangi tingginya penumpukan trigliserida (salah satu jenis lemak utama yang mengalir di dalam darah manusia) dalam pembuluh darah serta menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Buah naga juga mengandung vitamin B3 yang bermanfaat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan sekaligus meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh. Kolesterol baik (HDL) bermanfaat menjaga pembuluh darah arteri tetap bersih, sehingga saluran pembuluh darah menjadi lega dan efek baiknya darah dapat mengalir keseluruh bagian tubuh dengan lancar.

2. Pencernaan dan metabolisme.
Kandungan tinggi serat dalam buah naga dapat membantu proses pencernaan dengan baik serta mencegah terjadinya sembelit saat buang air besar. Selain itu buah naga juga membantu meningkatkan metabolisme zat dalam tubuh, mengatur kadar gula darah, serta menurunkan risiko kelebihan berat badan (overweight).

3. Sistem Imun / Kekebalan tubuh.
Tingginya tingkat vitamin dan mineral dalam buah naga, mulai dari Vitamin C, B1, B2, B3, serta kalsium, fosfor, zat besi, protein, niasin, dan serat merupakan cara yang baik untuk meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh dimulai dari dalam saluran pencernaan, dan seperti yang telah di jelaskan sebelumnya, buah naga baik untuk mendukung saluran pencernaan yang sehat. Jika kebutuhan vitamin dan mineral dalam tubuh anda tercukupi, besar kemungkinan anda akan terhindar dari sakit dan infeksi. Selain itu, antioksidan yang terkandung dalam buah naga dapat membantu melawan bakteri dan virus. Kadar air 80% dalam buah naga juga akan membantu mengeluarkan toksin yang menumpuk dalam tubuh.

4. Mata.
Vitamin A dalam bentuk karoten yang terkandung dalam buah naga dibutuhkan oleh retina mata dalam proses penglihatan yang baik. Rabun senja dan masalah penyakit mata lainnya seperti degenerasi makula terkait usia dapat juga disebabkan karena kekurangan vitamin A. Kekurangan vitamin A dalam jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan pada kornea mata yang berakibat pada kebutaan permanen bagi setiap manusia yang mengalami masalah ini.

5. Sistem saraf.
Kandungan vitamin B dalam buah naga sangat penting untuk menjaga kesehatan fungsi sistem saraf, membantu pembentukan sel-sel saraf, membuat kita lebih waspada, serta memiliki kejernihan mental yang lebih tinggi. Kalsium dalam buah naga juga berperan penting untuk meningkatkan fungsi sistem saraf. Hal ini membuat saraf kita sehat dan memastikan kemampuan berkomunikasi secara efektif. Lemak sehat dalam buah naga juga penting untuk membantu memelihara dan melindungi selubung myelin yang memungkinkan otak berfungsi dengan baik  terhadap respon.

6. Tulang dan gigi.
Buah naga merupakan sumber yang baik dari kalsium dan fosfor. Kedua nutrisi penting tersebut dapat membantu memperkuat dan memperbaiki jaringan yang rusak pada tulang dan gigi. Ketergantungan terhadap dua mineral tersebut sebenarnya tidak hanya cukup mengkonsumsi suplemen kalsium, melainkan juga makan buah matang, seperti buah naga yang mengandung kombinasi dari keduanya akan menjadi lebih efektif dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi anda.

7. Kulit.
Kandungan biji yang tinggi dalam buah naga menjadi sumber lemak sehat yang baik untuk kesehatan kulit. Hampir semua buah mengandung zat antioksidan, termasuk buah naga yang merupakan makanan nabati mentah yang bermanfaat melawan radikal bebas yang dapat membantu melindungi kerusakan sel dan membuat anda terlihat lebih muda.

8. Anti-inflamasi.
Buah naga dikenal sebagai anti-inflamasi yang baik karena dapat membantu mengurangi iritasi pada sendi. Peradangan pada tubuh yang disebabkan oleh kebiasaan buruk, makan makanan tidak sehat, merokok, minum minuman beralkohol, dan mengkonsumsi narkoba dapat menimbulkan berbagai macam penyakit yang lebih serius seperti arthritis, kanker, dan diabetes. Ketika anda mencoba mengganti makanan yang tidak sehat (seperti permen dan makanan olahan halus lainnya) dengan makanan yang lebih sehat seperti buah naga, rasa sakit dan nyeri yang menghantui anda hari demi hari akan hilang dan hal ini juga akan meningkatkan kesehatan tubuh anda menjadi lebih baik.

9. Memperlambat penuaan.
Kandungan tinggi vitamin dan mineral yang disertai dengan antioksidan membuat buah naga efektif memperlambat proses penuaan sel tubuh. Antioksidan bekerja melawan radikal bebas dalam tubuh yang bertanggung jawab tidak hanya masalah fisik, tetapi juga memperlambat penuaan sel kulit anda. Mengkonsumsi buah segar dan sayuran membuat kulit anda kencang dan terlihat lebih awet muda.

[Sumber: livelovefruit.com, Gambar dipublikasikan oleh: freedigitalphotos.net]

Share:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *