10 Cara Sukses Melakukan Diet

 Cara Sukses Diet – Hampir  sebagian besar orang mengetahui bagaimana cara untuk menurunkan berat badan yaitu dengan makan lebih sedikit dan melakukan olahraga lebih sering. Kedengarannya cukup sederhana, akan tetapi dalam konteks kehidupan nyata banyak juga orang yang merasa berat melakukanya. Jaman sekarang ini banyak orang cenderung untuk memiliki badan yang gemuk. Hal ini tentunya tak terlepas dari pola hidup tidak sehat yang dijalani serta tuntutan jaman yang serba instan dan cepat. Diet adalah mengatur pola makan yang diimbangi dengan berolahraga secara teratur yang bertujuan untuk mengontrol berat badan dalam mencapai ukuran tubuh yang proporsional.

cara sukses diet
Image courtesy of stockimages at freedigitalphotos.net
Berikut 10 cara yang dapat anda lakukan agar sukses dalam berdiet:

 

Cara Sukses Melakukan Diet

1. Sikap tegas terhadap diri sendiri bahwa sedang berdiet. Dengan memiliki sikap yang tegas terhadap diri anda sendiri, hal ini akan membuat anda tidak sembarangan menerima tawaran makanan dari siapa pun. Jika anda terpaksa menerimanya, silahkan untuk lebih selektif dalam menentukan menu dan porsinya.

2. Mempertahankan frekuensi makan sebagaimana biasanya (misalnya tiga kali sehari), tetapi dengan porsi yang lebih sedikit. Jangan sekali-kali mengubah kebiasaan makan dari tiga kali menjadi sekali sehari. Hal ini akan membuat usaha diet anda sia-sia, apalagi makan sekali sehari dengan porsi yang berlebihan. Frekuensi makan harus tetap dipertahankan dengan jumlah porsi yang lebih sedikit, ini akan lebih efektif untuk mendapatkan hasil diet yang maksimal.

 

3. Makan makanan yang mengandung protein, vitamin, & mineral secukupnya, agar tubuh tidak lemas dan tetap bugar meskipun sedikit porsi makannya. Hanya asupan gizi yang berupa lemak dan karbohidratlah yang harus dibatasi.

 

4. Hindarkan diri anda dari berbagai bentuk ketegangan jiwa. Hal tersebut perlu dilakukan karena stres biasanya berkompensasi pada makan yang berlebih. Usahakan untuk selalu menghibur diri dengan melakukan berbagai aktivitas yang anda sukai agar pikiran tetap tenang dan nyaman sehingga terhindar dari stres.

 

5. Tidur secara teratur (6-8 jam sehari). Dengan tidur berlebihan secara otomatis tubuh anda kurang bergerak, hal ini dapat mengakibatkan penimbunan lemak semakin banyak dalam tubuh. Sedangkan, waktu tidur yang kurang akan menyebabkan tubuh anda menjadi lemas. Memiliki tidur yang cukup dan tidak berlebih juga merupakan salah satu cara menjaga tubuh agar tetap fit sepanjang hari.

 

6. Olahraga yang teratur dan terukur untuk membakar timbunan lemak dalam tubuh. Bagi anda yang tidak suka berolahraga, silahkan untuk menggantinya dengan jalan-jalan atau jogging pada waktu pagi atau sore hari. Hal ini dapat anda lakukan dengan mengajak keluarga, saudara, ataupun teman agar lebih menyenangkan dan tidak membosankan.

 

7. Makan dengan tenang dan teratur. Sedapat mungkin hindari makan sambil bercakap-cakap, menonton TV, mendengar musik, atau keasyikan dengan kegiatan lainnya yang dapat membuat anda lupa bahwa anda sedang berdiet.  Hal tersebut sangatlah penting karena jika anda tidak menyadarinya akan menyebabkan makan berlebihan.

 

8. Secara periodik menimbang berat badan untuk menilai kemajuan hasil diet. Jika berat badan yang anda idamkan telah tercapai, langkah selanjutnya adalah mempertahankannya. Namun, jika berat badan yang anda idamkan belum tercapai, cobalah lakukan evaluasi atas letak kesalahan diet anda. Hal ini bertujuan untuk tetap mengontrol perkembangan diet yang sedang anda lakukan.

 

9. Sebaiknya jangan mengharapkan penurunan berat badan yang derastis. Menurunkan berat badan secara perlahan-lahan (sekitar 0.5 kg dalam waktu satu minggu) akan memberikan hasil diet yang lebih baik. Hanya dengan cara yang demikianlah anda akan dapat memiliki berat badan yang ideal tanpa perlu usaha terlalu keras.

 

10. Sebelum tidur sebaiknya berniat bahwa esok hari anda akan melakukan usaha diet yang lebih baik daripada hari-hari sebelumnya.
Share:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *